Senin, 25 Februari 2019

Pemda Konsel Gelar Sosialisasi Pemberdayaan KPM-PKH dan Penyerahan KIS PBI-JKN ke Warga

Bagikan Berita ini:
Ist.
Berita Rakyat, Lalembu - Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel), melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Keluarga Penerima Mamfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) kepada warga Kecamatan Lalembuu, di balai Kecamatan setempat, Senin (25/2/2019).

Kegiatan yang di hadiri tokoh masyarakat, agama, pemuda dan tokoh adat ini dibuka oleh Wakil Bupati Konsel, Dr. H. Arsalim Arifin, dan dirangkaikan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI-JKN) bagi fakir miskin dan warga tidak mampu wilayah Kecamatan Lalembuu.

Turut di hadiri Sekretaris Daerah (Sekda), H. Sjarif Sajang, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Konsel, Hj. Ariyati Sjarif, Kadis Kesehatan, dr. Maharayu, Kepala Bappeda, Hj. Marwiyah Tombili, Kadisdukcapil, Nurlita Irham, Kepala BPJS Konsel, Nurdiah S Dahlan, Kadis KB dan Pengendalian Penduduk, Muh. Hisrah, dan Kepala Bagian Humas, Muh. Taufik Amin Lar serta para Camat se-Konsel.

Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin  menyampaikan bahwa PKH adalah program Pemerintah yang diberikan kepada Masyarakat dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. "Dari kurang lebih 37 ribu Keluarga Miskin di Konsel yang baru mendapat manfaat PKH sebanyak 14.957 jiwa, tentu kita akan terus upayakan agar pemerintah pusat dapat menambah jumlah penerima PKH, dan yang hari ini menerima mamfaat diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraannya sehingga tidak perlu lagi mendapat bantuan PKH kedepan," 
Ist.
Selanjutnya, tutur Arsalim, sasaran dari program PKH ini yaitu Bidang Kesehatan, Pendidikan dan Bidang Kesejahteraan Sosial. Dimana, dari segi kesehatan diharapkan bantuan yang diberikan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Gizi dan perilaku hidup sehat sehingga kasus seperti Stunting dan penyakit DBD dapat di turunkan.

Adapun untuk pendidikan, tandasnya, saya tekankan agar para Camat dan Desa harus mengetahui dan segera menindaklanjuti jika ada anak usia sekolah yang tidak bersekolah, termasuk terkait dengan sarana pendidikan jika ada yang kurang baik agar segera di laporkan ke dinas pendidikan agar segera di bangun atau di rehabilitasi.

Dalam penjelasannya, Kadinsos Konsel, Edwin Koodoh mengatakan bahwa program kegiatan kerja instansi yang dibawahinya saat ini meliputi pemutakhiran data kepala keluarga miskin, dan pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial yang antara lain, pemberdayaan lanjut usia, pemberdayaan penyandang disabilitas serta program kesiapsiagaan bencana sosial.

Koodoh juga menjelaskan bahwa jumlah penerima KIS di Kecamatan Lalembuu Tahun 2019 sebanyak 8.179 KIS dari total 147.818 jiwa penerima KIS se-Konsel. Untuk Tahun 2018 penerima KIS melalui APBD Kabupaten sebanyak 10.000 jiwa sedangkan melalui APBD Provinsi 4.119 jiwa. "Yang mana Dinsos di Tahun 2019 ini telah mengajukan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel sebanyak 5.000 jiwa yang akan di bagikan pada 351 Desa dan Kelurahan nantinya," terangnya.

Sedangkan jumlah penerima PKH di Lalembuu, tambah Koodoh, yakni sebanyak 675 KPM dari total 14.957 penerima PKH se-Konsel, dan 1.192 KPM penerima Beras Sejahtera (Rastra) dari 20.228 KPM Rastra se-Konsel.

Penulis : Sultan
Editor : Aneu

Bagikan Berita ini:


Facebook Comment