Jalan-Jalan ke Jawa Timur? Jangan Lupa Cicipi 'Tepo Tahu' Ngawi - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 12 Februari 2019

Jalan-Jalan ke Jawa Timur? Jangan Lupa Cicipi 'Tepo Tahu' Ngawi

0 Viewers
Ilustrasi
Berita Rakyat, Ngawi - Tepo Tahu merupakan salah satu kuliner yang ada di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Di Ngawi, Tepo Tahu  paling terkenal adalah Tepo Tahu Mbok Nem yang berlokasi di jalan Dr. Soetomo atau dari alun-alun Kota Ngawi ke arah utara sekitar 500 meter. Warungnya berada di sebelah kanan jalan menghadap ke barat.

Saat ini penjual Tepo Tahu Mbok Nem, Sunarno (61) adalah anak dari pemilik warung sebelumnya Suminem atau biasa disapa Mbok Nem. Ia berjualan ditemani istrinya atau dibantu anaknya. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 – 21.00 WIB.

Bahan untuk membuat Tepo Tahu ialah Lontong, telur ceplok, tahu goreng, kol, tauge dan bawang goreng. Ditambah kacang tanah dan taburan bumbu sambal kacang dan kuah gula merah.

Nama tepo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti kerucut. Berbahan dasar beras dengan bentuk segitiga biasanya dibungkus mengunakan daun pisang agar memiliki aroma yang khas tersendiri. Apabila lontong bentuknya memanjang, tepo berbentuk segitiga.

"Tepo Tahu juga bisa di jumpai di daerah Magetan karena jaraknya yang tak begitu jauh dari Kabupaten Ngawi," kata Sunarno.

Tepo ini sangat enak disantap dengan tahu, tempe atau kripik tempe yang bisa menambah cita rasa tersendiri. Seporsi Tepo Tahu di Mbok Nem hanya dibanderol seharga Rp12 ribu saja. Tertarik?


Penulis : Genpi
Editor : Viane Cara

Post Top Ad