Filosofi 'Pai' atau 'Soja' dalam Perayaan Imlek - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 02 Februari 2019

Filosofi 'Pai' atau 'Soja' dalam Perayaan Imlek

0 Viewers
Ilustrasi
Berita Rakyat, Surabaya - Salam dengan cara mengepalkan tangan dan mengucapkan Gong Xi Fa Cai adalah ucapan salam yang dilontarkan ketika Tahun Baru Imlek. 

Diungkapkan salah seorang warga Surabaya keturunan Tionghoa, Stivanus Michael, perayaan Tahun Baru Cina identik dengan salam tersebut sekaligus pemberian angpao. Tangan mengepal di dada ini dalam tradisi Cina dikenal dengan 'Pai' atau 'Soja'.

"Pai tidak dilakukan saat perayaan Imlek saja, namun bisa dilakukan kapanpun sebagai bentuk penghormatan, dapat dilakukan dengan cara sembari membungkuk atau berlutut dan juga dapat dilakukan ketika berpapasan dengan orang lain dan sampai dengan bersembahyang," katanya.
Posisi tangan yang tepat untuk melakukan Pai adalah posisi mengepalkan tangan kanan di depan dada, lalu dibungkus dengan telapak tangan kiri. "Filosofi tersebut bermakna sebagai Kaum pria yang berarti tangan kiri dianggap berperan melindungi kaum wanita sebagai tangan kanan," ujar dia lagi.
Pai juga dilakukan tergantung status mereka, lanjut pria yang akrab disapa Cina ini. "Jika posisi lawan bicara lebih rendah, maka Pai yang dilakukakan yakni di bawah dada. Jika sederajat, maka Pai harus setara dengan dada dan jika lebih tua, maka Pai harus di atas dada atau di depan wajah sebagai bentuk penghormatan."


Penulis : Neu
Editor : Viane Cara

Post Top Ad