Selasa, 26 Februari 2019

Bupati Cantik Ini Buka TMMD ke 104 di Kabupaten Kepulauan Talaud

Bagikan Berita ini:
Ist.
Berita Rakyat, Talaud - Upacara Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa yang disingkat TMMD ke 104 ini di buka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip, di Lapangan Sangkundiman Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (26/2/2019).

Dalam pelaksanaan upacara pembukaan tersebut, bupati cantik ini menyampaikan pelaksanaan pembukaan TMMD Ini merupakan Program yg melibatkan unsur TNI Pemerintah dan semua elemen masyarakat secara umum.

"TMMD di laksanakan untuk Membangun infrastruktur meningkatkan wawasan kebangsaan dan membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam kontek menjaga keutuhan NKRI," tegas Manalip.

Sinergitas yang sudah terjalin antara TNI Polri dan Pemerintah Daerah sampai saat ini dapat terwujud karena keikutsertaan masyarakat dalam mendukung program pemerintah demi percepatan pembangunan dan untuk kemajuan daerah.  Pemerintah bertujuan  mensejahterahkan masyarakat  dan menunjang program Bapak Presiden Republik Indonesi, Ir Joko Widodo, dengan Program Nawacitanya yakni Membangun Dari Pinggiran.

"Kegiatan ini juga sangatlah penting dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat terlebih Daerah yang sama sama kita cintai ini," jelas Manalip

Pelaksanaan kegiatan yang sudah menjadi Program Kodam XIII Merdeka yang pada pelaksanaan TMMD di tahun 2019 ini sebagai pelaksana Kodim 1312/Talaud, yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, yang secara resmi dibuka, pagi tadi.

Pelaksanaan TMMD kali ini dilaksanakan dengan 2 tahap yaitu Pra TMMD yang sudah di laksanakan pada beberapa minggu yang sudah lewat dan Pelaksanaan TMMD kali ini dilaksanakan sampai denga 30 hari kedepan.

Program TMMD merupakan Program Gotong Royong yang dilakukan oleh TNI AD bersama sama dengan masyarakat untuk membantu masyrakat demi membangun daerah dibidang percepatan pembangunan Infrastruktur baik secara Fisik maupun Non Fisik. Karena dalam pelaksanaannya pemerintah terlebih masyarakat sangatlah bersyukur dengan adanya program ini.

Program seperti ini sangatlah bermanfaat bagi masyatakat yang dahulunya belum dapat terakses jalan ke perkebunan, tapi sekarang dengan adanya Tentara Manunggal Masuk Desa TMMD) masyarakat sudah lebih muda melakukan aktifitas di perkebunan, dikarenakan akses jalan menuju kebun sudah lebih baik dari sebelumnya.

"Harapannya, semua unsur yg terlibat dapat bersama sama bergandeng tangan untuk menjaga kearifanlokal yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud dengan unsur budaya, adat istiadat yang masih tinggi, dan mari kita bersama dalam suatu bingkai persatuan dan kestuan bangsa dengan menanamkan cinta tanah air demi mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang aman nyaman tentram dan damai," ungkapnya.

Pelaksanaan upacara ini di ikuti oleh 1 SST Korsik, 1 SSK Satgas TMMD Ke 104, 1 SSK Kodim 1312/Tld, 1 SSK Lanal Melonguane, 1 SSK Brimob, 1 SSK Polres, 1 SSK Pol Pp Dan ASN, 1 SSK Kepala Desa Dan Masyrakat, 1 SSK SMK Negeri 1 Melonguane, 1 SSK Pramuka SMU, SMP, SD dan

Dihadiri oleh Brigjen TNI Joseph Robert Giri, S.IP,M.Si (Danrem 131/Stg) bersama Ibu, Kolonel Arm Gunawan (Kasilog korem 131/Stg) bersama Ibu, Kolonel Inf  Arief Bastari (Kasipers korem 131/Stg) bersama Ibu, Kolonel Czi Andhy Kusuma (Kasi Ren Korem 131/Stg) bersama Ibu, Letkol Inf Akatoto (Kasi Ops korem 131/Stg), Letkol (K) Chb N.Gunasih (Danden Hub Korem 131/Stg), Letkol inf Saiful Parenrengi M.P.SI (Dandim 1301/Sangihe), Letkol inf Slamet Raharjo (Dandim 1302/ Minahasa), Letkol inf Dwi Sigit Cahyono S.IP (Dandim 1303/ Bolmong) bersma Ibu, Letkol Inf Elvino Yudha Kurnuiwan (Dandim 1309 Manado), Letkol Inf. Kusnandar Hidayat, S.Sos ( Dandim 1310 /Bitung), Letkol Cba Rubensang Bulo (Dandenbekang), Letkol Arm.Gregorius Eka Setiawan,SE (Dandim 1312 / Talaud) bersama Ibu, Letkol Mar. Augustinus Purba, SE (Komandan Lanal Melonguane), Kapolres di wakili oleh Kompol Maria Boki Buida (Wakapolres Talaud), Kajari Talaud di wakili oleh Bobby Selama,SH,MH (Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Talaud), Bpk  Yulius Cristian Handratmo, SH (Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Melonguane), Yahya Wahidin Pasiak (Kepala Kantor pengadilan Agama Talaud), Max Frets Mores Lua (Ketua DPRD Kab Kepl Talaud), Ir. Adolf Binilang, MM (Sekda Talaud), Alfrets Wasida, S.IP. MM (Kaban Kesbangpol) Unsur SKPD Pemda Kab.Kepl.Talaud Camat dan Lurah/Kepala Desa se Kab.Kepl.Talaud.

Pada pelaksanaan upacara ini juga dilangsungkan Penandatanganan Naskah serah terima pelaksanaan kegiatan TMMD ke 104 Ta. 2019 di wilayah Kodim 1312 Talaud oleh Bupati Kepulauan Talaud dan Dandim 1312/Talaud di saksikan oleh Danrem 131/Stg.

Dilanjutkan dengan Penyematan tanda Peserta Satgas TMMD ke 104 dan penyerahan alat kerja secara simbolis, penyerahan bantuan pendidikan bagi siswa/siswi berprestasi, Penyerahan bantuan sembako yang diserahkan langsung oleh Bupati Kepulauan Talaud.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI, Panglima Kodam XIII Merdeka, Danrem 131/Santiago dan semua jajaran yang terlibat dalam mendukung kegiatan pada saat ini, Sansiote Sampate Pate," tutup bupati cantik tersebut.

Penulis : Christian Permata
Editor : Hary

Bagikan Berita ini:


Facebook Comment