Pemkot Surabaya Besut 'Puskesmas Berbayar Sampah', Mungkinkah? - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 26 Januari 2019

Pemkot Surabaya Besut 'Puskesmas Berbayar Sampah', Mungkinkah?

0 Viewers
FOTO : Ilustrasi
Berita Rakyat, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sepertinya terus berupaya menghadirkan inovasi demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Paling baru, Pemkot Surabaya membesut wacana dalam pelayanan kesehatan berupa pembayaran biaya pengobatan di Puskesmas, menggunakan sampah.

"Ya, ini sedang dipersiapkan karena nggak sekedar mengangkutnya bagaimana. Kayak begitu-begitu kan perlu," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Jumat (25/1/2019) seperti dikutip dari JP.

Banyak hal yang perlu dikaji, lanjutnya, seperti sistem pembayaran dan manajemen sampah di setiap Puskesmas. Lalu sistem pengangkutan sampah yang diserahkan warga usai berobat. Termasuk jenis sampah apa yang dapat dibayarkan warga atau pasien.

"Nanti Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya yang bertugas mematangkan sistem tersebut," tegasnya.

Sistem manajemen serupa nantinya juga diterapkan untuk merealisasikan Puskesmas berbayar sampah. Sehingga biaya berobat di Puskesmas tidak lagi memberatkan warga. "Ya nanti kalau sudah siap. Memangnya gampang. Naruh sampahe neng endi yo? (menaruh sampahnya di mana ya, red)," cetus Risma.

Sebelumnya, sistem pembayaran menggunakan sampah sudah diterapkan pada Bus Suroboyo. Butuh waktu lebih dari tiga bulan untuk mempersiapkan gagasan ini.


Penulis : Neu
Editor : Viane Cara

Post Top Ad