Nasabah Keluhkan Sulit Buka Blokir PIN, BRI Cabang Manukan 'Tidak Banyak Membantu' - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 25 Januari 2019

Nasabah Keluhkan Sulit Buka Blokir PIN, BRI Cabang Manukan 'Tidak Banyak Membantu'

0 Viewers
Foto: Nasabah BRI Rizcki Hari Setiawan Sedang Ditemui Pihak BRI.
Berita Rakyat, Surabaya - Nasabah BRI mengeluhkan sulitnya buka blokir kartu Automatic Teller Machine (ATM) Bank Rakyat Indonesia di cabang Manukan. 

Awalnya, nasabah BRI ini bernama Rizchi Hari Setiawan dengan kode wilayah 0394 Kanca Kapas Krampung CIF : RLA7439, nomer rekening 039401004331xxx berinisiatif datang ke BRI cabang Manukan untuk mengurus kartu ATM yang kena blokir gara-gara lupa nomor pinnya.

Ia datang ke kantor cabang BRI Manukan, Surabaya karena dekat dengan tempat tinggalnya di Jalan Wonorejo 1 no 10. Setelah sampai di sana, ia pun berharap bisa membuka blokir dan menerima pelayanan yang baik.

"Pelayanan di sana kurang baik, lha ngurus buka blokir ATM saja dipersulit karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) sudah tidak berlaku masa aktifnya. Kartu ATM saya tetap tidak bisa dibuka blokirnya. Apa nggak ada opsi lain?" ujar Rizchi seraya menambahkan, dirinya merasa dirugikan karena tidak bisa melakukan transaksi penarikan uang tunai. Padahal uang itu sangat dibutuhkan untuk keperluan pembayaran. 

Di tempat yang sama, petugas customer service bernama Bayu Hermawan mengatakan tidak dapat memproses atmnya yang diblokir karena KTP yang sudah tidak berlaku. 
"Mohon maaf kartu ATM yang diblokir tidak bisa kami bantu proses karena masa aktif KTP sudah tidak berlaku," kata Bayu. 

Bayu memaparkan, Pak Rizchi bisa mengurus ke cabang BRI di mana waktu pertama kali membuka rekening. Bayu mencoba membawa berkas dan dokumen yang dimiliki nasabah untuk diajukan kepada atasannya yakni berupa KTP, SIM A, Kartu Mahasiswa serta kartu lainya.

 "Pak Rizchi, saya ajukan ke atasan kami untuk meminta approvement (persetujuan) dulu apakah disetujui atau tidak oleh pimpinan," katanya. 

Setelah menunggu lama, ternyata approvement yang diajukan customer service tidak disetujui Manager Operasional cabang Manukan, Singo. 

"Sekali lagi Pak Rizchi saya mohon maaf tidak membantu proses membuka kartu ATM yang terblokir karena tidak diapprovement oleh atasan kami," cetus dia.

Uniknya, setelah melalui perdebatan antara nasabah dan customer service, kartu ATM BRI milik Rizchi Hari Setiawan ini akhirnya dibuka oleh petugas dengan catatan pihak bank tidak akan membantu bila masalah blokir ini kembali terulang.

Terpisah, bagian layanan dan operasional PIC Krisma Hardianto dan Septia Andini mengklarifikasi bahwa buka blokir bisa dilakukan di cabang BRI di manapun di seluruh Indonesia.

 "Buka blokir bisa dilakukan melalui kantor cabang BRI di manapun. Bahkan bisa dilakukan secara online walaupun KTP sudah tidak berlaku lagi. Nasabah hanya perlu membuktikan dengan dokumen penunjang lain seperti SIM misalnya," ujar Krisma ditemui di kantor Plaza BRI, Jalan Basuki Rahmat, Jumat (25/1).

Krisma menambahkan, kami segera melakukan pembinaan kepada kantor cabang BRI Manukan, Surabaya dan segera melakukan perbaikan di sentral pelayanan. 

"Kami mewakili teman-teman kantor cabang BRI Manukan, Surabaya, mohon maaf atas ketidak nyamanan pelayanan kepada nasabah tersebut," Imbuhnya. (Setyawan)

Penulis : Setyawan
Editor : Aneu

Post Top Ad