Pekalongan Diguncang Gempa Berkekuatan 4.2 SR - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

April 18, 2018

Pekalongan Diguncang Gempa Berkekuatan 4.2 SR

0 Viewers

Berita Rakyat, Pekalongan - Gempa bumi berkekuatan 4.2 SR mengguncang wilayah Pekalongan, Jawa Tengah  dan getarannya terasa hingga ke Kabupaten Banjarnegara, demikian kata Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

"Gempa terjadi pukul 13.28 WIB dan berlokasi di 19 kilometer Tenggara Kabupaten Pekalongan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Rabu (18/4/2018).

Namun demikian, gempa yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan Tsunami karena kedalamannya 10 km dan lokasinya berada di darat bukan di laut.

"Ini merupakan gempa tektonik dengan kedalaman dangkal yakni 10 kilometer yang berlokasi di darat dengan intensitas lemah karena hanya beberapa wilayah saja yang merasakan," katanya.


Meski demikian, pihaknya akan terus meng-update informasi untuk disampaikan kepada masyarakat agar tidak panik dan terhasut informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

"Imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak percaya isu yang tidak bertanggung jawab, tetap ikuti arahan pihak terkait atau BPBD setempat dan jika membutuhkan informasi terkini terkait gempa bumi bisa menghubungi kantor BMKG terdekat," kata Setyoajie.

Menurut laporan BMKG melalui akun Twitternya, pusat gempa tersebut berada di darat 52 km utara Kebumen dengan kedalaman 4 Km dan dirasakan hingga ke Banjarnegara.

Sebuah bangunan rumah milik warga di Ds. Kertosari, Kalibening Kab. Banjarnegara dan sekolah SMKN 2 diketahui hancur dan mengalami kerusakan yang sangat parah akibat dari gempa tersebut. Beberapa ruang kelasnya mengalami atap jebol, begitu juga dengan musholanya hancur. Hingga saat ini belum ditemukan adanya korban jiwa.

Penulis : Casandra Editya
Editor : Casandra Editya

Post Top Ad