Koramil 0821/07 Randuagung Bantu Warga Sembuhkan Kusta - BERITA RAKYAT INDONESIA

Breaking News

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 04 Mei 2017

Koramil 0821/07 Randuagung Bantu Warga Sembuhkan Kusta

0 Viewers

Berita Rakyat Randuagung - Babinsa Ramil 0821/07 desa Salak Sertu Sayuti turut serta bersama Tim Kesehatan Puskesmas Randagung melaksanakan sosialisasi tentang pencegahan penyakit kusta dan cara penangulangannya, Kegiatan yang dilaksanakan di balai desa Salak diikuti oleh warga masyarakat desa setempat, Rabu (3/5/2017)

Menurut Sertu Sayuti, penyakit kusta (lepra) merupakan salah satu persoalan kesehatan yang hingga kini belum teratasi khususnya di desa Salak. Penyakit lepra dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Jika ditangani sejak dini, lepra dapat diobati secara tuntas dan tidak menyebabkan kecacatan, jelasnya.

"Sosialisasi ini kami rasa sangatlah perlu, agar masyarakat lebih berhati-hati dan mendeteksi sedari dini tentang penyakit kusta atau yang lebih dikenal dengan lepra" harap Babinsa Salak.


Ketua tim kesehatan Puskesmas Randagung dr. Hany Setyawati menambahkan, "pengobatan Kusta dilakukan dengan kombinasi atau Multi Drug Treatment (MDT) untuk mencegah kekebalan kuman terhadap otot. Dermatologi tropis merupakan ilmu kedokteran yang khusus mempelajari penyakit-penyakit kulit yang ada dan berasal dari daerah tropis. Penyakit ini kini tidak hanya ditemukan di negara tropis, tetapi juga di negara maju karena globalisasi dan mobilitas penduduk. Sebagian besar penyakit kulit tropis merupakan penyakit infeksi dan sebagian lainnya adalah alergi karena pengaruh iklim dan lingkungan," ungkapnya.

Pengobatan penyakit ini memakan waktu sekitar 6-12 bulan dengan berbagai jenis obat atau multiple drug therapy. Penyebab lepra adalah kuman dan dapat ditularkan melalui udara, tanah, kutu busuk, dan armadillo. Deteksi dini dan fasilitas pemeriksaan yang memadai di berbagai lingkungan masyarakat adalah langkah efektif mengontrol penyebaran lepra. Selain itu, karena berhubungan dekat dengan penderita sehingga terinfeksi, maka agar tidak terlambat segera saja diobati jika mengalami gejala klinis lepra, tambahnya.

"Melalui kegiatan ini masyarakat akan senantiasa terus berkoordinasi dengan kami sehingga kami bisa melakukan tindakan pencegahan secara dini, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati," imbuhnya dr. Hany (At/pen).

Tidak ada komentar:

Post Top Ad